Tuesday 5 July 2016

BEDA SAMA, RAMADAN 1437 H

Gambar oleh www.radarindo.com

BEDA SAMA

Lebaran sehari lagi nih, semoga Puasa Ramadan 1437 H ini menjadi berkah dan diterima sama Allah SWT. Amin. Puasa Tahun ini terhitung buka puasa nanti (05-07-2016), untuk kesekian kalinya aku bisa menyelesaikannya penuh, tanpa bolong. Gak tahu puasa beneran apa enggak, soalnya yang aku rasain baru Nafsu Makan aja yang berhasil ditahan, nafsu yang lain gak tahu batal apa enggak. Dengan kata lain, Puasa tahun ini baru puasa menahan Nafsu Makan doang.


Ada yang berbeda tapi sama (?) di Puasa Tahun ini. Beda, karena tanggal 16 Agustus Tahun lalu aku udah nikah sama seseorang yang banyak aku ceritain di blog ini. Udah punya Istri ceritanya. Hehehe... Selain itu, kabar baiknya aku udah punya penerus pertamaku. Penerus beda kelamin, kaya semacam sisi lainku. Seseorang lain yang baru lahir 24 Mei kemarin. Hasil "perkawinan" antara aku dan istriku, seseorang yang selama 40 Minggu tepat berada di perut istriku. Dia adalah Ananta Kusuma Putri Saleh.

Abaikan yang terbuka.

ARTI NAMANYA
Ananta itu artinya pemimpin yang jeli, kenapa pilih nama itu? Selain bagus (dan karena Istri yang milih), nama itu juga jadi harapan orang tua kan. Yang pasti karena orang tuanya cuek, males, dan gak perhatian makanya dia menaruh harapan besar sama anaknya. Sebenernya itu sih harapan bapaknya aja, karena deskripsi orang tua di atas adalah gue, bapaknya.

Kusuma. Nama tengah yang diwariskan oleh Embah Kakungnya. Jadi si Embah ngasih dua opsi nama, Kusuma dan Mustika. Aku disuruh milih salah satunya. Kenapa milih salah satu? Di Jawa khususnya Jawa Tengah, ada suatu budaya penanaman atau penyimpanan ari-ari. Sebenernya ada beberapa cara seperti dikubur, digantung atau dilarung. Nah kata si Embah, ari-ari ini harus dikasih nama, jadi itulah kenapa beliau ngasih dua nama dan aku harus memilih salah satunya.

Putri. Ini udah jelas, nama penanda bahwa dia adalah wanita. Nama Putri bukan diambil dari nama orang lain (karena Istri yang punya ide, bukan ide gue karena masa lalu gue atau yang lain), tapi karena nama ini punya sambungannya yaitu Saleh. Yap, Putri Saleh. Aku maksa banget buat terus memakai nama Saleh dibelakang kepada seluruh keturunanku. Nama Saleh itu warisan Alm. Bapak yang juga diberikan pada adikku juga, Rizky Anggoro Saleh. Orang bilang aneh sih, masa cewek dikasih nama Saleh, harusnya Salehah atau Solehah. Tapi dengan adanya Putri eh nama Putri, semuanya jadi mungkin dan bebas aneh.

Itulah perbedaan-perbedaan dan sedikit deskripsi singkat dengan kesayanganku yang lain terkait Puasa Ramadan 1437 H. Lalu apa yang sama di Puasa tahun ini?

Dikontrakan.
Buka Puasa Sendiri.
Sahur Sendiri.
Jauh dari keluarga.
Tak ada makanan yang tersaji di meja makan.
Sama kaya puasa-puasa sebelumnya.


Cilacap, 05 Juli 2016 (H-1 Lebaran)

No comments: